Saturday, June 16, 2007

Final Indonesia National Contest 2007

Babak Final, 16 Juni 2007

Juara-juara Indonesia National Contest 2007 (INC 2007) kali ini adalah:

  1. Champion - kurniady (Andrian Kurniady, Dennis Andika Suryawijaya, Peter Suryaatmaja) Solve 6 problems.
  2. Gold Medal - NoMoreAC (Timotius Sakti, Stephen Kohar, Surya Sujarwo) Solve 4 problems.
  3. Silver Medal - nelkichan (Nelson Kurniawan, Kikita Yoshehana, Chandra Diharja) Solve 4 problems.
  4. Silver Medal - Tweety (Cun Cun Lim, Eko Wibowo, Stefan A.Y.) Solve 3 problems.
  5. Bronze Medal - PGK (Gunawan, Kenny Hartono, Pascal Gerardus Angriawan) Solve 3 problems.
  6. Bronze Medal - hura-hura (Pascal Alfadian, Yoseph Ronald Soetanto, Yosia Setyo Susabdo) Solve 3 problems.
Untuk complete list dari tim-tim finalis INC 2007 beserta score mereka bisa dilihat disini, nama anggota untuk masing-masing team bisa dilihat disini.

Perlu diketahui, bahwa salah satu anggota tim dari tim Juara Champion INC 2007 (tim kurniady) ini adalah Andrian Kurniady yang berhasil membawa tim Bina Nusantara (dengan nama tim YoiAC) bersama saya (Felix Halim) dan Andoko Chandra ke tingkat dunia dalam event ACM ICPC World Final 2007 di Jepang dengan menjuarai ACM ICPC Regional Kaohsiung 2006 di Taiwan. Dan juga tim NoMoreAC dari BiNus yang menyapu bersih soal penyisihan mendapat peringkat kedua (Gold Medal) di babak final ini. Itu semua bisa dicapai karena ketekunan mereka bertahun-tahun melatih kemampuan algoritma mereka. Just want you to know that: Saya bangga dengan prestasi kalian :)

Champion dari INC 2007, tim kurniady, menceritakan pengalaman tim-nya selama final INC 2007 beserta pembahasan solusi mereka memecahkan problem-problem dalam blognya. Untuk tim-tim lain, kalian bisa sharing pengalaman kalian selama INC 2007 ini? Just let me know kalau kalian sharing di blog kalian, silahkan di-post link-nya di chat-box kanan atas halaman ini.

Sewaktu penutupan acara, salah satu anggota juri, Suhendry, menjelaskan algoritma yang dipakai untuk "solve" ke delapan problems yang diberikan di babak final ini. Tetapi karena tidak ada "papan tulis" mungkin agak susah menjelaskan hanya dengan lisan. Saya akan mencoba menganalisa kembali dengan penjelasan se-sederhana mungkin untuk mereka yang miss penjelasan dari juri. Berikut adalah soal, pembahasan, dan solusi untuk babak final:

Nama Soal Pembuat Soal Pembahasan Solusi
A Minimum Swap Lego Haryanto Ad Hoc
B GCD! Suhendry Effendy Mathematics
C Playing With Domino Ang Ing Ing Euler Path
D Email from the Professor Suhendry Effendy Simulation
E Panda Number Evan Leonardi Recurrence
F Jakarta Traffic Jam Danny Gunawan Shortest Path
G Sultan's Land Suhendry Effendy Brute Force
H Tree Median Suhendry Effendy Dynamic Programming

Notes:

Jika anda tertarik terhadap lomba programming seperti ini, maka anda mungkin tertarik juga pada lomba-lomba lainnya seperti: TOKI, IOI, ACM ICPC, TopCoder, Google Code Jam, USACO, Imaginecup, Codecup, etc... Karena semua soal-soal di lomba seperti itu mirip seperti apa yang anda lihat di lomba INC 2007 ini.

No comments:

Post a Comment